Rabu, 23 Juli 2014 / 10:15:17 WIB

Pendaftaran CPNS 2014 dilaksanakan secara Online

Diposting : Administrator | Kategori: Kepegawaian | Dibaca: 16306 kali


Menanggapi banyaknya pertanyaan yang masuk ke email administrator website ini, yang menanyakan tentang tata cara, persyaratan serta semua hal lain terkait penerimaan CPNS tahun 2014, berikut akan kami paparkan langkah2 serta persiapan yang harus diketahui oleh seorang pelamar sebelum mendaftar CPNS pada suatu instansi. hal ini wajib dan segera kami sampaikan karena sistem pendaftaran dan penerimaan CPNS tahun 2014 ini berbeda dengan tahun 2013 yang lalu, yang mana tahun ini sistem penerimaan CPNS dilaksanakan secara nasional dalam suatu layanan portal online. sehingga semua tahapan penerimaan CPNS 2014 mulai dari registrasi pelamar, pendaftaran, veifikasi berkas, pengumuman peserta tes, pelaksanaan tes CAT, hingga pengumuman hasil tes akan dilaksanakan secara online dengan database terpusat pada BKN. Tujuan diterapkannya sistem baru ini adalah :
  • Memudahkan instansi dalam melakukan pendaftaran, seleksi administrasi, hingga pemberian nomor tes.
  • Membuat standart penerimaan CPNS secara nasional sesuai kebutuhan BKN dalam proses penetapan NIP.
  • Menjaga sistem penerimaan CPNS yang terintegrasi, transparan dan objektif.
  • Meningkatkan public trust (kepercayaan publik) terhadap proses penerimaan CPNS

PENTING :

  • Pendaftaran CPNS 2014 hanya dapat diikuti oleh WNI, harus memiliki KTP yang berlaku dengan NIK yang terdaftar pada database kependudukan Kemendagri, berbadan sehat jasmani dan rohani, memenuhi kualifikasi pendidikan tertentu serta memenuhi persyaratan-persyaratan lainnya seperti tercantum pada rincian formasi yang tersedia.
  • Pendaftaran CPNS 2014 dimulai dengan tahap pendaftaran di Portal Panselnas dimana pendaftar wajib memiliki alamat surat elektronik (email) yang berlaku.
  • Semua informasi/jati diri yang disampaikan disini harus akurat dan benar untuk menghindari hal-hal yang dapat merugikan diri sendiri atau merugikan pihak lain serta kemungkinan adanya konsekwensi hukum yang dapat terjadi dikemudian hari. Peserta yang sah hanya berhak mempunyai 1 (satu) kali kesempatan pendaftaran.
  • Pelaksanaan Seleksi Penerimaan CPNS secara Nasional Tahun 2014 dilaksanakan menggunakan sistem CAT (Computer Assisted Test).

Berikut mekanisme pendaftaran CPNS 2014 :

mekanisme
PENTING : Sebelum anda memutuskan untuk mendaftar sebagai CPNS pada suatu instansi atau sebelum anda melakukan registrasi pada portal panselnas, pastikan dan tetapkan dulu pilihan anda, formasi apa dan di instansi mana anda akan mendaftar, dapatkan informasi selengkapnya tentang pendaftaran CPNS dari instansi tersebut, karena tahapan registasi dilakukan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada KTP dan ini tidak dapat di-rollback (diulang) jika terjadi kesalahan bahkan registrasi tidak dapat dilakukan 2 kali, karena satu orang pelamar dengan satu NIK hanya diperbolehkan mendaftar satu kali pada satu instansi.

Misal : tanpa persiapan matang dan melihat pengumuman formasi sebelumnya, pelamar A dengan nomor NIK 123, melakukan registrasi/pendaftaran pada portal panselnas untuk formasi A pada instansi A. Ternyata, setelah pelamar A mendapatkan username dan password portal instansi yang dilamar melalui email, pelamar A ingin merubah pilihannya untuk mendaftar pada instansi B saja, atau diketahui kemudian bahkan pada instansi A ternyata tidak terdapat formasi A hanya formasi B. Sehingga, registrasi terdaftar dan sah digunakan adalah pelamar A dengan NIK 123 untuk formasi A pada instansi A, tidak bisa dirobah atau didaftarkan lagi.

  • Langkah awal pendaftaran adalah melakukan registrasi melalui portal penitia seleksi nasional (http://panselnas.menpan.go.id). tahapan ini digunakan untuk registrasi, validasi dan mendaftarkan NIK (Nomor Induk Kependudukan) sesuai KTP Pelamar, nama, email, dan instansi yang dilamar. Hasil dari tahapan ini adalah pelamar akan mendapatkan username, password, serta alamat portal SSCN Instansi yang dilamar.
  • Melakukan pendaftaran dengan mengisi biodata pelamar pada portal SSCN Instansi (http://sscn.bkn.go.id) yang telah dikirim ke email pelamar pada proses registrasi sebelumnya. pada tahapan ini pelamar dapat mengetahui informasi lengkap tentang formasi yang akan dilamar, termasuk persyaratan umum dan khusus (berbeda untuk setiap instansi) yang harus dipenuhi pelamar. Pada tahapan ini, pelamar dapat mencetak kartu/tanda bukti pendaftaran yang memuat nomor registrasi pendaftaran yang akan disertakan pada saat melengkapi berkas lamaran nantinya.

    buktidaftar
  • Pelamar menyiapkan dan mengumpulkan berkas sesuai dengan persyaratan instansi masing-masing, dan menyampaikannya kepada panitia penerimaan CPNS.
  • Panitia penerimaan CPNS melaksanakan verifikasi berkas meliputi pemeriksaan keabsahan dan kelengkapan berkas pelamar, hingga Pencetakan Kartu Peserta.
  • Pengumuman pelamar yang dinyatakan lulus verifikasi berkas (seleksi administrasi).
  • Pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi (verifikasi berkas) akan mendapatkan Kartu Peserta Ujian sebagai syarat untuk mengikuti ujian CAT yang diadakan oleh masing-masing instansi.
    karpes

  • Pelamar mengikuti ujian seleksi yang dilaksanakan secara sistem komputer (CAT-Computerized Assisten Test) pada waktu dan tempat yang ditentukan panitia seleksi instansi.
  • Pengumuman hasil tes.

TAMBAHAN : Mengenai Formasi CPNS Kabupaten Balangan, meliputi jabatan, pendidikan, jumlah kebutuhan serta unit kerja penempatan, termasuk SOP/teknis pelaksanaan pendaftaran belum dapat kami sampaikan karena masih dalam proses pembahasan dan akan diumumkan nantinya melalui website ini atau melalui media lannya.

Sekian informasi terkini yang dapat kami sampaikan, hal-hal lain yang berkaitan termasuk teknis lapangan tentang pendaftaran CPNS nantinya akan kami sampaikan segera mungkin melalui media web atau lainnya.

Berita Terkait Komentar Via Facebook
( 1 ) Komentar
Generic placeholder image
Testimoni De Lemon Untuk Sembelit & Gemuk
27 Juni 2019 - 14:57:41 WIB

thanks infonya, sangat menginspirasi dan memotivasi ..

-https://qncjellygamat2019.atavist.com/testimoni -de-lemon-untuk-sembelit-gemuk
-https://gamatgnc.siterubix.com/testimoni-walatra-sehat-sen di-untuk-asam-urat/
-https://solusi-pengobatan.webflow.io/posts/obat-benjolan-d i-kelopak-mata-6-hari-bisa-hilang-total

Form Komentar
*Opsional, boleh tidak diisi
(Masukkan 6 kode diatas)