Jumat, 31 Oktober 2014 / 11:19:41 WIB

Panduan Penggunaan Ujian CPNS Online pada Aplikasi UKG Terintegrasi CAT

Diposting : Administrator | Kategori: Kepegawaian | Dibaca: 3214 kali


Artikel berikut ini bersumber dari website : http://forumptk.org, dapat dijadikan panduan bagi peserta dalam melaksanakan ujian seleksi CPNS Pemerintah Kabupaten Balangan Tahun 2014 menggunakan sistem aplikasi UKG terintegrasi CAT, yang akan dilaksanakan pada SMK Negeri 1 Batumandi tanggal 3 hingga 16 November 2014.

Pada kesempatan ini, forumptk akan menjelaskan panduan ringkas penggunaan ujian online pada aplikasi UKG yang sudah diintegrasikan dengan CAT. Bagi guru Non PNS yang akan mengikuti seleksi CPNS tahun 2014 yang sebelumnya sudah pernah mengikuti UKG, akan mendapati sistem yang serupa dengan sistem UKG yang pernah diikuti (baca perbedaan sistem CAT dan UKG disini). Hal ini tentu saja apabila lokasi ujiannya berada di kabupaten/kota yang tidak memiliki infrastruktur CAT alias diselenggarakan di TUK. Adapun bagi pelamar yang bukan guru, mudah-mudahan panduan ini bisa bermanfaat ketika mengikuti ujian online CPNS khususnya dari sisi cara penggunaan aplikasi ujian CPNS online UKG terintegrasi CAT. Aplikasi ujian CPNS online yang memanfaatkan aplikasi UKG ini disebut dengan Satria Online.

Tampilan awal dari sistem ini pada layar peserta ujian nantinya adalah halaman Login seperti gambar berikut ini :

1. Login
 

Pertama-tama peserta diminta memasukkan 16 digit nomor ujian, dan 14 digit nomor induk kependudukan (NIK) dan diakhiri dengan menekan tombol Enter atau mengklik tombol Login. Selanjutnya sistem akan melakukan authentifikasi ke server pusat, untuk mencek apakah nomor peserta beserta NIK terdaftar atau tidak. Jika terdaftar maka sistem akan menampilkan mata ujian yaitu Test Kompetensi Dasar (TKD) beserta alokasi waktunya seperti gambar berikut ini :

2. Mata Ujian
 

Untuk mengikuti ujian, peserta dapat mengklik tombol Ikut Ujian sehingga akan ditampilkan Konfirmasi dengan menampilkan sekali lagi mata ujian, jenis test, alokasi waktu, nomor peserta dan nama peserta seperti gambar berikut ini :

3. Konfirmasi Ujian

Langkah selanjutnya peserta dapat mengklik tombol Ikut Ujian sehingga ditampilkan halaman ujian online seperti gambar berikut ini :

4. Soal

Disebelah kiri atas dibawah tulisan Satria Online, terdapat nama sekolah tempat ujian dilaksanakan. Dibagian bawah terdapat Soal dengan 5 opsi jawaban. Seluruh soal adalah berbentuk teks. Tidak ada soal berbentuk gambar. Opsi jawaban ditandai dengan Jawaban A untuk opsi pertama, Jawaban B untuk opsi kedua dan seterusnya.

Dibagian sudut kanan atas layar, terdapat alokasi waktu yang tersedia. Waktu yang ditampilkan menunjukkan waktu ujian yang tersisa bagi peserta. Waktu ini akan menghitung mundur hingga waktunya habis. 5 menit sebelum waktunya habis, sistem akan memberi peringatan kepada peserta mengenai waktu. Apabila waktu telah habis, maka sistem akan menutup sendirinya sehingga peserta tidak lagi dapat melanjutkan ujian. Seluruh jawaban peserta akan tersimpan secara otomatis setiap periode tertentu. Jadi tidak perlu khawatir apabila terjadi hal-hal teknis seperti listrik padam dsb, karena sistem akan merekam seluruh jawaban peserta setiap periode tertentu. Ketiak terjadi listrik padam dsb yang menyebabkan unit PC ujian peserta mati, maka ketika memulai ujian kembali, peserta hanya perlu melanjutkan dinomor terakhir yang telah dikerjakan oleh peserta.

Dibagian atas tengah terdapat tombol navigasi. Tombol ini berguna untuk :

  1. Tombol berbentuk dua segitiga menghadap kekiri. Tombol ini berguna untuk pindah kesoal yang pertama. Selain menggunakan tombol ini, untuk berpindah kesoal sebelumnya dapat juga menggunakan tombol Backspace.
  2. Tombol berbentuk satu segitiga menghadap kekiri. tombol ini berguna untuk pindah kesoal sebelumnya. Jika posisi soal aktif yang ditampilkan saat ini berada di nomor soal pertama, maka sistem akan memindahkan soal aktif ke nomor yang paling akhir.
  3. Tombol berbentuk dua segitiga menghadap kekanan. Tombol ini berguna untuk pindah kesoal yang terakhir. Selain menggunakan tombol ini, untuk berpindah kesoal berikutnya dapat juga menggunakan tombol Spasi.
  4. Tombol berbentuk satu segitiga menghadap kekanan. tombol ini berguna untuk pindah kesoal berikutnya. Jika posisi soal aktif yang ditampilkan saat ini berada di nomor soal terakhir, maka sistem akan memindahkan soal aktif ke nomor yang pertama.
  5. Dibagian tengah tombol navigasi terdapat angka yang menunjukkan nomor soal yang aktif dan jumlah soal yang tersedia. Misalnya angka menunjukkan 1/100. Artinya soal yang aktif ditampilkan saat ini adalah soal nomor 1 dengan jumlah soal 100. dst.

Disebelah tombol navigasi terdapat beberapa tombol berikut :

  1. Tombol refresh berbentuk dua panah saling berkejaran membentuk lingkaran. Tombol ini berguna untuk menampilkan ulang soal jika soal tidak tampil dengan sempurna.
  2. Tombol lup +. Berguna untuk memperbesar ukuran teks dilayar.
  3. Tombol lup -. Berguna untuk memperkecil ukuran teks dilayar.
  4. Tombol fit. Berguna untuk mengembalikan teks ke ukuran normal.
  5. Tombol dua telapak sepatu. Berguna untuk pindah ke nomor soal tertentu.
  6. Tombol berbentuk telapak tangan. Berguna untuk mengakhir ujian online.

Untuk menjawab soal, dapat dilakukan dengan mengklik opsi jawaban atau dengan cara menekan tombol keyboard. Tombol keyboard A untuk opsi jawaban A, tombol keyboard B untuk opsi jawaban B dst. Opsi jawaban yang telah dipilih ditandai dengan warna opsi jawaban yang berubah menjadi warna merah dan berkedip-kediap. Untuk merubah jawaban, tinggal mengklik atau menekan tombol opsi jawaban yang lain. Maka pilihan jawaban akan berubah secara otomatis.

5. Memilih Jawaban

Dibagian kanan layar terdapat tombol-tombol yang menunjukkan nomor soal beserta status jawaban. tombol ini awalnya berwarna merah. Tombol-tombol ini ditandai dengan angka-angka nomor soal. Jika soal sudah dijawab, maka tombol ini akan berubah warna menjadi warna hijau. Jika salah satu tombol soal tersebut di klik menggunakan mouse, maka soal aktif akan dipindahkan ke nomor soal yang diklik.

Jika telah menjawab keseluruhan soal, untuk mengakhir ujian, peserta dapat mengklik tombol bergambar telapak tangan dibagian atas menggunakan mouse. Jika waktu masih ada maka sistem akan memberi peringatan seperti gambar berikut ini :

8. Menyelesaikan

Jika peserta sudah menjawab seluruh soal dan yakin akan menyudahi ujian online, maka peserta dapat mengklik tombol Ya. Jika akan melanjutkan ujian, dapat mengklik tombol Tidak. Jika tombol Ya diklik maka akan tampil konfirmasi lanjutan seperti gambar berikut ini :

9. Selesaikan Ujian

Jika peserta yakin akan mengakhir ujian, peserta dapat menglik tombol Selesai dan sistem akan menampilkan jumlah jawaban yang benar seperti gambar berikut ini :

10. Selesai

Hingga tahap ini, artinya, peserta telah menyelesaikan ujian. Demikian, semoga bermanfaat.

Berita Terkait Komentar Via Facebook
( 0 ) Komentar Belum ada komentar(0) Form Komentar
*Opsional, boleh tidak diisi
(Masukkan 6 kode diatas)