Pengertian dan Jenis Laporan Arus Kas Perusahaan Dagang

Pengertian dan Jenis Laporan Arus Kas Perusahaan Dagang

Sama halnya dengan jenis perusahaan lain, bahwa perusahaan dagang juga membutuhkan laporan keuangan, salah satunya arus kas perusahaan dagang.  Agar Anda mengetahui pengertian dan jenis laporan arus kas perusahaan dagang, berikut simak ulasannya di bawah ini.

Sebagai pelaku bisnis Anda harus memahami arus kas, bukan hanya seorang akuntan saja. Laporan arus kas (cash flow) memiliki pengaruh yang sangat penting bagi bisnis Anda.

Dengan adanya laporan keuangan ini, Anda akan mengetahui kondisi perusahaan Anda dalam kondisi untung atau rugi. Biasanya, laporan ini memberikan informasi tentang jumlah pemasukan dan pengeluaran kas perusahaan dalam periode tertentu.

Apa itu Laporan Arus Kas (Cash Flow)?

Pengertian laporan arus kas adalah sebuah perincian yang menunjukkan jumlah pemasukan dan pengeluaran dalam suatu periode tertentu.

Arus kas dalam keuangan bisnis dan keluarga memiliki sedikit perbedaan. Jika keuangan keluarga arus kas yang dimaksud adalah cash basis.

Sedangkan, dalam keuangan bisnis terdapat cash basis dan accural basis.

Biasanya, laporan ini meliputi jumlah kas yang diterima.

Contoh komponen yang terdapat pada laporan arus kas yaitu adalah seperti investasi tunai dan pendapatan tunai, dan jumlah kas yang dikeluarkan perusahaan.

Tujuan & Manfaat Laporan Arus Kas

Tujuan dari laporan arus kas adalah menyajikan informasi mengenai penerimaan dan pengeluaran kas dalam suatu periode akuntansi.

Selain bermanfaat bagi perusahaan, laporan ini juga memiliki manfaat untuk investor, kreditor, dan lainnya.

Seperti misalnya pada laporan cashflow yang di-generate oleh aplikasi Mekari Jurnal, Anda bisa mengetahui banyak hal.

Jika tertarik, Anda bisa mencobanya sendiri dengan gratis.

A. Pengertian Perusahaan Dagang

Perusahaan dagang merupakan sebuah bisnis yang menjual produk berwujud atau fisik kepada konsumen. Misalnya, seperti baju, perhiasan, minuman, dan lain sebagainya. Dalam prosesnya, perusahaan industri perdagangan akan membeli barang kemudian dijual kembali tanpa mengubah bentuk dan esensinya.

Umumnya, terdapat 3 macam produk yang dapat dijual, yakni barang belum jadi (bahan baku),
barang setengah jadi (bahan makanan(, dan barang jadi. Keuntungan yang bisa di dapat perusahaan dagang ialah apabila telah terjadinya transaksi. Laporan arus kas sangatlah penting, terlebih bagi perusahaan yang berskala besar.

Hal ini dikarenakan laporan tersebut dapat bermanfaat salah satunya untuk mengambil keputusan dan mengetahui pendapatan dan pengeluaran dari perusahaan.

B. Jenis- Jenis Laporan Keuangan Perusahaan dagang

jika Anda ingin terjun di dunia perusahaan dagang, maka sangat penting untuk mengetahui beberapa jenis laporan keuangan perusahaan dagang, yaitu seperti:
·         Laporan Laba Rugi
·         Laporan Arus Kas
·         Laporan Persediaan
·         Laporan Neraca
·         Laporan Utang
·         Laporan Piutang

C. Aktivitas Arus Kas Perusahaan Dagang

Statement of flow atau laporan keuangan arus kas perusahaan dagang merupakan ringkasan dari pendapatan dan pengeluaran perusahaan dagang pada waktu dan periode tertentu. Umumnya, arus kas ini dibagi menjadi tiga, yaitu :

1. Aktivitas operasi

Aktivitas operasi biasanya berkaitan mengenai laba dan rugi dari harga pokok, transaksi penjualan, dan operasional.

2. Aktivitas investasi

Aktivitas investasi berkaitan dengan transaksi penjualan serta pembelian aktiva tetap.

LAINNYA  Cara Mengelola Keuangan Usaha Kecil dengan Baik

3. Aktivitas pembiayaan dan pendanaan

Aktvitas ini berkaitan dengan modal perusahaan serta kewajiban perusahaan, seperti penambahan modal, penjualan surat berharga, dan pembayaran utang.

D. Jenis-Jenis laporan Arus kas

Dalam membuat laporan arus kas, terdapat dua metode yang dapat digunakan, yaitu laporan arus kas metode langsung (direct method) dan laporan arus kas tidak langsung (indirect method).

1. Metode Langsung

Laporan arus kas perusahaan dagang metode langsung merupakan metode dalam pembuatan laporan arus kas dengan cara menghitungn secara langsung dari aktivitas operasi yang berdasarkan penerimaan dan pengeluaran dari perusahaan dagang.

2. Metode Tidak Langsung

Metode tidak langsung pada laporan arus kas perusahaan dagang ialah metode dalam membuat laporan kas yang arus kasnya lebih besar dari pada aktivitas operasi perusahaan. Metode ini dihitung berdasarkan laporan laba rugi, yang kemudian menyesuaikan dengan penyusutan dan amortisasi. Itulah, mengenai pengertian perusahaan dagang dan jenis-jenisnya. Semoga artikel ini dapat membantu dan memberikan manfaat untuk Anda.