Apa Itu AI dan Jenisnya

Apa Itu AI dan Jenisnya

AI adalah cabang ilmu komputer yang berhubungan dengan mesin. Selama paruh kedua abad ke-20, AI telah dianggap sebagai pekerjaan apa pun yang dilakukan oleh mesin yang tidak memerlukan kecerdasan manusia untuk menyelesaikan tugas tertentu. Definisi ini dikaitkan dengan bapak kecerdasan buatan yang dikenal sebagai Minsky dan McCarthy.

Definisi saat ini adalah kemampuan robot yang dikendalikan oleh komputer untuk memecahkan masalah yang membutuhkan kecerdasan dan keterampilan manusia sebagai kemampuan untuk menalar, menggeneralisasi, dan memastikan data.

Jenis Kecerdasan Buatan

AI dapat dibagi menjadi dua kategori: AI sempit dan AI umum. AI yang sempit sering dianggap lemah. Ini berorientasi pada tugas tertentu. AI umum dianggap kuat. Itu dapat melakukan berbagai tugas, tidak seperti AI Sempit.

AI sempit

Hal ini terlihat pada komputer yang kita gunakan. Jenis AI ini umumnya berfokus pada satu tugas yang dapat dilakukan dengan sangat baik. Contohnya adalah asisten virtual yang mengenali ucapan dan bahasa, dan mobil yang dapat mengemudi sendiri. Jenis kecerdasan buatan ini hanya dapat melakukan tugas tertentu yang diberikan yang diajarkan kepada mereka tetapi tidak dapat melakukan apa-apa lagi.

Menanggapi pertanyaan dan kekhawatiran pelanggan adalah bentuk umum dari kecerdasan buatan yang sempit bersama dengan bekerja sama dengan kecerdasan buatan lainnya untuk tugas-tugas pemesanan hotel, membantu ahli radiologi untuk menemukan tumor melalui sinar-X yang berpotensi berubah menjadi berbahaya, mendeteksi masalah dengan lift, menyiapkan model dunia tiga dimensi, dll. Ia hanya dapat melakukan tugas yang diajarkan kepada mereka, tidak seperti manusia, dan ini adalah salah satu kelemahan terbesarnya.

AI Umum

Jenis AI ini dapat ditemukan di sistem yang lebih halus. Ia dapat melakukan beberapa tugas yang dapat dilakukan manusia dan menggunakan kecerdasan seperti manusia untuk memecahkan berbagai masalah mulai dari tugas sederhana seperti memotong kuku dan rambut dan menyiram tanaman hingga tugas keterampilan tinggi seperti penalaran berdasarkan data yang dikumpulkan. Tema film barat sangat dipengaruhi oleh AI umum. Para ilmuwan data berpendapat bahwa kecerdasan buatan umum akan meningkat pesat pada tahun 2040-2050, dan itu akan menjadi masa depan alam semesta ini pada tahun 2075, dan itu akan mendominasi seluruh dunia, termasuk manusia. Itu juga akan menjadi ancaman bagi spesies manusia.

AI umum diyakini melampaui kinerja kognitif manusia dalam domain virtual. Namun, banyak ilmuwan telah membagi pendapat mengenai hal ini. Banyak ilmuwan percaya bahwa AI umum sama sekali tidak menjadi masa depan dunia. Pelopor kecerdasan buatan umum, seperti Demis Hassabis, Geoffrey Hinton, dan Yann LeCun, juga memiliki pandangan ini. Mereka percaya bahwa tidak ada dasar konkret untuk ketakutan bahwa spesies manusia akan terancam oleh kecerdasan buatan umum dalam waktu dekat.

Contoh AI Dalam Kehidupan Sehari Hari

Asisten virtual

Siri, Google Now, dan Cortana merupakan asisten virtual yang sudah tersedia dalam tiga platform (iOS, Android, dan Windows Mobile). Secara singkat, asisten virtual membantu kita untuk menemukan informasi dengan menggunakan suara kita. Kamu dapat bertanya, “Di mana restoran terdekat?” atau “Apa jadwal saya hari ini?” pada asisten virtual dari platform yang kamu miliki.

Teknologi AI sangat penting bagi aplikasi-aplikasi ini. Teknologi ini berusaha mengumpulkan informasi dan mengenali suara kamu agar dapat menyuguhkan hasil yang sesuai dengan keinginanmu.

LAINNYA  Cara Menemukan Perusahaan Desain Web yang Tepat

Layanan Musik dan Film Online

Pernah menggunakan Spotify, Pandora, atau Netflix? Berarti kamu pernah menggunakan produk AI. Aplikasi penyedia layanan streaming musik dan film biasanya memiliki fitur untuk merekomendasikan judul musik atau film sesuai minat atau berdasarkan musik atau film yang kamu pilih sebelumnya.

Dengan menggunakan algoritme khusus, aplikasi-aplikasi ini mempelajari musik atau film pilihan kamu untuk mengenali seleramu. Misalnya, untuk mengenali sebuah lagu memiliki vokal yang dinamis, petikan gitar akustik, dan dimainkan pada kunci nada yang rendah. Apabila kamu memutar beberapa lagu dengan karakteristik tersebut, kamu akan mendapat rekomendasi lagu lain dengan karakteristik serupa.

Pelayan Konsumen Virtual

Hampir semua situs belanja daring berusaha memenuhi kebutuhan pelanggan, termasuk menyediakan fitur pelayan konsumen atau customer service. Namun, tak semua situs belanja memiliki karyawan khusus yang fokus mengerjakan hal itu. Oleh karena itu, kehadiran AI sangat diperlukan.

Kamu dapat menemukan situs-situs belanja daring yang menerapkan fitur chatbot untuk merespons masukan atau pertanyaan kamu secara otomatis. Fitur berbasis teknologi AI ini dapat memahami bahasa dan pilihan kata yang kamu gunakan untuk menemukan keinginan kamu. Fitur ini dikembangkan dari salah satu cabang ilmu AI, yaitu pemrosesan bahasa alami atau natural language processing (NLP).

Iklan produk Online

Pernah menemukan iklan-iklan dari barang yang kamu cari atau lihat sebelumnya di situs belanja daring? Iklan-iklan tersebut muncul berkat teknologi AI dan algoritme khusus yang menganalisis produk yang mungkin kamu beli berdasarkan kata kunci yang kamu masukkan atau produk terakhir yang dilihat di situs belanja.