Cara Memilih Layanan Hosting Terbaik

Bagaimana Cara Memilih Layanan Hosting Terbaik untuk Website?

Dalam skenario saat ini, di mana semuanya diatur oleh teknologi dan internet, hampir tidak mungkin untuk sukses di dunia bisnis tanpa dukungan digital. Inilah sebabnya mengapa sebagian besar perusahaan digital dan bahkan perusahaan lain cenderung menghabiskan cukup banyak anggaran mereka untuk memelihara situs web dan membuatnya dapat diakses oleh pengunjung. Pihak yang membuatnya dapat diakses di World Wide Web adalah perusahaan hosting situs web.

Pengertian Hosting 

Hosting atau web hosting adalah tempat untuk menyimpan semua file dan data website sehingga dapat diakses oleh banyak orang melalui internet. File dan data website tersebut bisa berupa video, gambar, email, script, aplikasi, dan database.

Tanpa adanya hosting, tentu saja Anda tak bisa membuat website.  Itulah kenapa, Anda perlu menyewa hosting terlebih dulu untuk membuat website.

Ibaratnya hendak membangun rumah. Kalau Anda ingin membangun rumah yang besar, luas tanahnya harus semakin besar, bukan? Sama seperti website, kalau ingin membangun yang kapasitas dan performanya tinggi, Anda butuh hosting yang sumber dayanya besar.

Tertarik memahami lebih jauh tentang hosting? Yuk simak cara kerja hosting pada bagian selanjutnya!

Cara Kerja Hosting

Cara kerja hosting cukup sederhana. Kira-kira, begini tahapannya:

  1. Server hosting menyimpan berbagai file yang dibutuhkan oleh website. Misalnya: gambar, video, script, database website, dll;
  2. Pengunjung yang mengetikkan domain website Anda pada browser (Google Chrome, Mozilla Firefox, dll);
  3. Browser meminta server hosting mengirim file website ke browser;
  4. Server mengirimkan file yang dibutuhkan kepada browser;
  5. Pengunjung dapat mengakses website Anda.

Memilih Layanan Hosting Terbaik

Membuat situs web dan blog itu mudah tetapi mempercayakannya dengan perusahaan web hosting memerlukan sedikit riset. Sebelum mempekerjakan mereka, Anda harus mempertimbangkan faktor-faktor berikut:

Manfaatkan Trial

Sebelum membuat keputusan akhir, pastikan untuk mendapatkan masa percobaan. Banyak perusahaan web hosting menyediakan layanan ini. Selama periode ini pihak perekrutan dapat mengetahui apakah perusahaan hosting memiliki semua fitur yang mereka butuhkan atau tidak. Jika penyedia tidak memenuhi harapan dan kebutuhan, maka jangan mempekerjakan mereka dan tidak ada biaya yang akan dibebankan oleh mereka.

Uptime

Uptime adalah persentase waktu di mana situs web atau server aktif. Itu dapat diukur melalui numerik. Perusahaan web hosting lebih baik yang uptimenya mendekati 100 persen. Terbaik untuk pergi untuk penyedia yang menawarkan uptime 99 persen atau lebih. Dengan begitu pengunjung website Anda tidak perlu menunggu lama untuk membuka website setelah mengkliknya.

Traffic Bulanan

Periksa untuk melihat bahwa penyedia hosting situs web memiliki lalu lintas data yang tidak terbatas. Karena banyak penyedia dengan lalu lintas bulanan terbatas akan mulai membebankan biaya tambahan setelah batas lalu lintas tercapai. Situs web Anda juga tidak akan terlihat di web. Jadi, bacalah dokumen dengan benar yang menyatakan layanan yang diberikan oleh perusahaan hosting situs web.

Tingkat keamanan

Keamanan data adalah salah satu hal utama yang harus diperiksa saat menyewa perusahaan hosting situs web. Karena, Anda akan mempercayakan mereka dengan konten dan situs web Anda, Anda harus memeriksa untuk melihat apakah penyedia dapat secara efektif melindungi informasi Anda. Mereka harus melakukan pencadangan tepat waktu sehingga jika terjadi situasi yang tidak terduga, situs web dan konten Anda masih terlihat dan dapat diakses.

LAINNYA  Perbedaan Antara Pendidikan Di Kampus dan Pendidikan Online

Kecepatan

Search engine akan selalu memprioritaskan website dan halaman yang memiliki kecepatan loading lebih tinggi agar penggunanya puas. Dengan demikian, Anda perlu memeriksa apakah penyedia layanan hosting situs web menawarkan kecepatan pemuatan yang tinggi. Ini mungkin tampak sepele, tetapi faktor ini sendiri mampu menarik lebih banyak pengunjung.

Layanan pelanggan yang baik

Karena perusahaan web hosting adalah penyedia layanan dan Anda adalah pelanggan mereka, Anda juga harus memeriksa dukungan pelanggan mereka. Mereka harus dapat membantu Anda dengan berbagai keluhan dan pertanyaan. Perusahaan web hosting yang baik akan mampu menangani berbagai krisis secara efektif.

Penyimpanan

Situs web dan blog membutuhkan ruang penyimpanan tergantung pada tujuan dan kontennya. Cari penyedia layanan hosting yang memenuhi kebutuhan ruang Anda. Mereka harus dapat menyediakan jumlah ruang penyimpanan yang dibutuhkan situs web atau konten Anda. Seharusnya tidak ada masalah berulang kehabisan ruang penyimpanan.