Mengenal Jenis Jenis Printer Yang Sesuai Penggunaannya

Mengenal Jenis Jenis Printer Yang Sesuai Penggunaannya

Printer terbaik untuk mencetak langsung ke pakaian, kaos, logam, PVC, kaca dll adalah printer flatbed dan printer DTG, Seperti namanya, printer flatbed adalah printer dengan permukaan datar, atau tempat tidur jika Anda boleh, yang bahan cetaknya ditempatkan. Orang mungkin mempertanyakan fakta ini dengan mengatakan bahwa bahkan printer biasa memiliki baki pemuatan datar dan bagaimana printer flatbed berbeda dari printer biasa?

Printer ini sebenarnya mampu mencetak pada berbagai bahan berbeda dengan printer biasa yang dapat mencetak pada sejumlah bahan yang sangat terbatas seperti kertas, kertas foto, dll. Mereka dapat mencetak pada bahan seperti film, kain, plastik, keramik, kulit, kayu, kaca, akrilik, dll.

Bagaimana Cara Kerja Printer Flatbed?

Printer ini bekerja dengan cara yang sangat berbeda dari printer inkjet atau laser biasa. Di mana sebagian besar printer saat ini menggunakan mekanisme di mana drum dan kertas diisi dan laser disinari ke drum dalam bentuk gambar yang diinginkan. Area yang tidak terisi menarik toner yang ditarik ke drum dan menempel di kertas untuk menghasilkan gambar yang diberikan untuk dicetak.

Flatbed printer di sisi lain menggunakan tinta UV. Tinta ini tidak hanya disemprotkan pada bahan karena hal itu hanya bersifat sementara dan cetakan akan memudar hanya dalam beberapa hari atau lebih. Untuk mencetak pada bahan yang keras atau tidak rata seperti kayu, kain, kaca, dll. printer flatbed menggunakan mekanisme yang jika Anda bisa mengetsa, mencetak pada bahan tersebut. Tinta UV yang terbuat dari monomer terkena sumber sinar UV yang sangat kuat yang kemudian mempolimerisasi tinta dan menyematkan gambar pencetakan pada bahan.

Tempat tidur pencetakan tetap dapat disesuaikan untuk mengakomodasi berbagai ketebalan bahan yang berbeda. Meskipun kami tidak yakin tentang ketebalan maksimum yang dapat disesuaikan oleh printer flatbed, tetapi jumlah itu mungkin mencapai 4-5 inci. Namun, itu dapat berubah, tergantung pada jenis dan bentuk printer. Yang lebih mahal mungkin memiliki kompatibilitas bahan yang lebih tebal dan sebaliknya.

Cara Penggunaanya

Setelah mengetahui bahwa printer flatbed mampu mencetak barang pada bahan yang tidak konvensional; tidak konvensional dalam arti bahwa kebanyakan orang tidak tahu bahwa pencetakan dimungkinkan pada bahan tersebut, tidak terlalu jauh untuk memahami bahwa mereka sebagian besar digunakan untuk aplikasi komersial dan industri. Ini karena hanya satu dari seribu orang yang memiliki printer flatbed di rumah dan bahkan lebih sedikit orang yang akan menggunakannya untuk keperluan rumah tangga.

Karena resolusinya yang terletak antara 72DPI hingga 2400DPI, printer flatbed banyak digunakan untuk sablon. Terkadang mereka juga digunakan untuk mengeksekusi beberapa lintasan untuk membuat efek 3D dan embossing. Terkadang mereka juga dapat digunakan untuk mencetak pada permukaan bola. Namun, melakukan hal itu sebagian besar dihindari karena resolusi yang buruk di sekitar tepi karena tepi bulat dan bundar tidak memiliki luas permukaan yang cukup untuk bekerja secara efisien.

Printer DTG

Printer DTG di sisi lain dapat digunakan untuk mencetak langsung ke pakaian seperti kaos dan tidak menggunakan sinar UV. Mereka menggunakan udara kering atau panas untuk mengeringkan tinta pigmen tekstil.

Jenis Printer Yang Sering Digunakan

1. Printer InkJet

Jenis Printer ini adalah yang paling umum ditemui pada saat ini. Printer ini menyemprotkan tinta ke atas kertas untuk membentuk gambar. Hal ini terjadi dikarenakan ada sebuah plat magnet yang langsung mengalirkan tinta ke atas kertas sesuai dengan pola yang diinginkan. Kualitas cetakan printer inkjet hampir menyamai kualitas cetakan pada printer laserjet. Kualitas printer inkjet standar adalah sekitar 300 dpi (dots per inch) , walaupun jenis printer yang baru sudah mulai berimprovisasi. Selain tinta warna, printer inkjet juga bisa diatur untuk mencetak dalam bentuk hitam putih.

2. Printer dot matrix

Dot matrix adalah system pembentukkan karakter dari sejumlah titk-titik Printer dot matrix mempunyai element yang terdiri dari jarum-jarum yang menekan pita sehingga dapat mencetak pada kertas.

LAINNYA  Cara Menemukan Perusahaan Desain Web yang Tepat

Printer kategori ini menggunakan pita sebagai tinta, dan pin yang berfungsi sebagai alat pemukul untuk mencetak pada bidang kertas. Hasil cetakannya berupa titik-titik kecil yang merangkai menjadi karakter. Oleh sebab itu hasil cetakan printer ini terlihat kasar.

3. Printer LED/LCD

Pada dasarnya jenis printer LED/LCD ini hampir sama dengan printer laser tetapi tidak menggunakan laser untuk membuat pola pada drumnya melainkan menggunakan cahaya. Orang-orang sering menyamakan printer Laser dengan printer LED/LCD. Proses cetaknya hampir sama tetapi printer LED/LCD menggunakan light-emitting diode. Printer ini menghasilkan kualitas cetak yang sangat tinggi baik itu teks maupun grafis.

4. Printer Laser Jet

Printer laserjet atau sering disebut dengan printer laser merupakan jenis printer yang menggunakan laser pada proses pencetakannya.

Proses Kerja Printer Laser Jet

Pertama-tama laser disinarkan pada sejenis drum untuk membuat pola gambar yang akan dicetak. Lalu drum itu berputar melalui toner ( sejenis tinta untuk laserjet tetapi berupa bubuk dan tidak cair ) dan bagian pada drum yang berlistrik mengambil toner. Lalu dengan kombinasi antara tekanan dan panas. tinta di drum itu dipindahkan ke atas kertas.

5. Plotter / Wide Format Printing

Plotter merupakan salah satu peralatan outputnya dapat mencetak grafis pada surface kertas, Vinyl, Sticker, dan berbagai bahan lainnya dalam ukuran besar dengan hasil yang memuaskan. Printer ploter cocok untuk mereka yang menerima jasa print digital outdoor dan indoor seperti banner, poster, sticker, cutting, dsb.

6. Printer Thermal (POS Printer)

Jika anda pergi ke sebuah supermarket atau toko swalayan bahkan di kios-kios dan warung anda akan menemui printer jenis ini di meja kasir.

Kualitas thermal printer hampir sama dengan dot matrix, thermal printer menggunakan panas dan bukan ketukan atau impact. Keuntungan dari thermal printer adalah lebih tidak berisik dan mempunyai kecepatan tinggi, kelemahannya adalah harus menggunakan kertas khusus thermal ( umumnya permukaan licin dan dalam bentuk roll )

7. Buble Jet

Printer ini memang masih terhitung cukup mahal. Meskipun gambar dapat dikatakan menyerupai hasil cetakan film. Saat ini, ia memang belum dapat mencetak pada ukuran kertas yang besar sehingga ukurannya juga dapat dikatakan kecil. Printer ini biasanya dapat digunakan langsung dengan kamera tanpa perantara komputer. Karena selain dilengkapi dengan konektor USB, ia juga dilengkapi dengan card reader. Kini juga sudah tersedia printer photo portable yang dapat juga digunakan sebagai slide show.